Stan Fedep Kota Salatiga di Pameran Produk Unggulan Jawa Tengah di Paragon Semarang (foto diolah)

Semarang.fedep.salatigakota. Fedep Kota Salatiga mendapatkan predikat juara III untuk kategori stan terbaik dalam pameran di Mall Paragon, Semarang, Jawa Tengah yang di gelar pada Kamis-Minggu (6-10/9/2017). Gelaran ini di selenggarakan secara rutin setiap tahun di tempat yang sama. Fedep Kota Salatiga selalu aktif mengikuti pameran ini.

Stan Fedep Kota Salatiga mendapat sentuhan berbeda dari tampilan pada pameran-pameran sebelumnya dalam penataan interior dan produk-produk yang ditawarkan. Hal ini rupanya menarik para pengunjung untuk berlama-lama di stan karena memperhatikan keindahan stan. Hal unik inilah yang kemungkinan menjadi nilai tambah bagi juri saat melakukan penilaian sehingga akhirnya keluar sebagai juara III.

Dalam pameran ini Fedep Kota Salatiga mengikutsertakan sejumlah anggotanya untuk ikut. Diantaranya adalah dari klaster makanan, makanan olahan ikan, juga anggota dari klaster kerajinan. Banyak pula diantara peserta ini adalah anggota baru yang belum lama bergabung sehingga sekaligus memperkenalkan produk-produk anggota baru tersebut kapada khalayak di Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.

Stan di rancang dengan nuansa berbeda dan mendapat juara III

Diantara produk baru itu adalah produk kerajinan dari forum seni Salatiga. Ada ukiran topeng dinding yang unik dan variasinya cukup banyak. Topeng kayu ini dibuat dengan desain topeng tradisional memanfaatkan kayu jati limbah. Desainnya mengikuti bentuk, kontur dan ukuran kayu yang tersedian dan dimanfaatkan untuk membangun ekspresi dan guratan wajah. Walhasil lahirlah karya seni yang ekspresif dan klasik.

Ada lagi produk menarik dari forum seni ini yaitu kursi dari tong. Tong di potong setinggi kursi kemudian di beri busa tipis mengikuti lingkaran tong sebagai alas duduk. Kemudian muka tong diberi lukisan bersahaja menambah manis tampilan kursi tersebut. Produk forum seni ini mendampingi produk kerajinan lain seperti kerajinan bambu dari Santosa Art, replika sepeda motor, tas, dan lain sebagainya

Sedangkan produk dari klaster lain adalah dari klaster makanan olahan dan makanan olahan dari bahan ikan. Ada Dendeng dan abon dari Gelatik, enting-enting dan aneka produk dari arya mas, Dhunuck Snack, dan banyak sekali produk berkualitas dari anggota klaster makanan.

Klaster batik juga diikutkan dalam pameran di Paragon ini. Beberapa batik dari Batik MM 78 dikemas rapi dan disuguhkan berbeda dari batik-batik lain pada umumnya. Biasanya batik dijual dalam bentuk kain atau pakaian jadi disampirkan di dinding sehingga mudah dilihat. Tapi batik ini dikemas dalam wadah transparan berbentuk tabung sehingga tidak banyak makan tempat, tetapi sangat mudah terlihat. Produknya pakaian jadi. Selain itu pemanfaatan kemasan seperti ini pakaian tetap bersih dan terlindung dari debu./jb

 

Kategori: Berita

Comments are closed.

Tautan

  • Website Pemerintah Kota Salatiga
  • Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
  • Universitas Kristen Satya Wacana