Kepala Bidang Ekonomi dan perencanaan Pembangunan Titin Rinawati memberikan sambutan saat peresmian

Sidorejo.fedep.salatigakota. “Kami tertarik untuk meningkatkan pemasaran dan daya saing produk-produk unggulan Kota Salatiga terutama yang tergabung dalam klaster FEDEP.” Demikian Sambutan Titin Rinawati kepala bidang ekonomi dan perencanaan pembangunan Bapelitbangda Kota Salatiga dalam peresmian tempat informasi dan promosi umkm salatiga Jumat, 27/7.

Tempat informasi dan promosi umkm salatiga ini berlokasi di Jalan Kartini Salatiga, tepatnya di selasar kartini. Lokasi ini berada di ruang terbuka publik dan sebelumnya menjadi tempat berkumpul warga ketika sore atau liburan. Menempati dua blok diantara beberapa blok yang ditempati beberapa dinas dan instansi lainnya.

Lebih lanjut Titin Rinawati menjelaskan beberapa hal melatar belakangi adanya tempat informasi dan promosi umkm ini diantaranya terkait dengan belum terbentuknya kelembagaan klaster secara definitif. Kemudian belum optimalnya pemasaran produk dan pemasaran karena promosi yang kurang. selain itu rembug klaster juga belum optimal.

Walikota Salatiga, Yuliyanto SE., MM. berdialog dengan UMKM saat peresmian

Selain itu Titin juga menjelaskan bahwa koordinasi antara pelaku usaha, pemerintah daerah, dan stake holder belum optimal. sehingga penyampaian informasi-informasi tentang kebutuhan klaster maupun promosi belum optimal.
Dalam tempat informasi dan promosi umkm salatiga ini diharapkan bisa mempermudah akses permodalan karena di tahun 2016 baru 60% UMKM yang melakukan akses pembeayaan.

Sebagai tempat informasi Titin Rinawati berharap beberapa informasi bisa dengan mudah diakses. Diantarannya adalah ijin PIRT, BPOM, HO, dan sertifikasi halal. Hal ini dipandang penting mengingat jika perijinan ini terpenuhi bisa meningkatkan daya saing produk umkm karena bisa menambah luas jangkauan pemasaran produknya dengan masuk di supermarket dan pasar besar lainnya.

Di akhir sambutanya Titin juga menjelaskan bahwa diharapkan masyarakat umum mudah untuk memperoleh informasi terkait UMKM kota Salatiga dan perkembangannya. Sehingga para pihak yang hendak membeli atau menjalin kerjasama bisa lebih mudah./jb

 

Kategori: Berita

Comments are closed.

Tautan

  • Website Pemerintah Kota Salatiga
  • Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
  • Universitas Kristen Satya Wacana