Fatikhun, pengelola Batik Selotigo, menunjukkan salah satu koleksinya

Fatikhun, pengelola Batik Selotigo, menunjukkan salah satu koleksinya

Sidorejo, Fedep. Salatigakota. Salah satu batik khas dari Kota Salatiga adalah Batik Selotigo. Batik yang satu ini memiliki lokasi produksi sekaligus pemasarannya di Kawasan Waturumpuk, SIdorejo, Salatiga. Kawasan Waturumpuk berdekatan dengan jalur Tol Semarang-Solo dan lokasi Batu Prasasti Plumpungan.

“Saya memulai usaha batik ini sejak tahun 2008.” Katanya pada Fedep saat ditemui dilokasi usaha Batik Selotigo pertengahan Maret 2016. “Ini merupakan kewajiban sebagai warga negara untuk melakukan usaha ekonomi dalam rangka membangun kehidupan,” Katanya ketika menjelaskan alasan dan motivasinya mengembangkan usaha batik.

Lokasi usaha dan pemasarannya bisa dijangkau dari Kota Salatiga dengan mudah. Sehingga para pembeli bisa langsung menuju lokasi baik dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Fatikhun menunjukkan koleksi kain batiknya di lokasi pemasaran batik Selotigo

Fatikhun menunjukkan koleksi kain batiknya di lokasi pemasaran batik Selotigo

Di lokasi para pembeli akan disambut dengan sejumlah kolekti batik dalam berbagai produk seperti hem atau baju, pakain perempuan dan beberapa jenis lainnya. warna, motif dan desain juga sangat beragam. Hal ini memudahkan para pembeli untuk tidak kesulitan menentukan pilihan dan desain sesuai dengan selera masing-masing.

Motif batiknya juga beragam. Mulai dari motif tradisional hingga motif kekinian dipadu dengan warna-warna cerah dan menarik. Sehingga memakai batik akan tidak lagi terkesan formal dan konservatif. Gaya dan desain menjadi perhatian penting dari Selotigo. Hal inilah rupanya yang menjadi kekuatan dari pemasaran dan penjualan dari Selotigo.

Di bagian belakang dari lokasi ini terdapat tempat untuk memproduksi kain batik. Batik tulis dibuat dn diproduksi oleh beberapa pembatik yang berpengalaman. Sehingga pengerjaan batik tetap menjada kualitas dan mutu agar tidak ditinggalkan konsumen.

“Batik itu ya batik tulis dan printing.” Kata Fatikhun ketika menjelaskan jenis batik sambil mengajak untuk melihat-lihat para pekerjanya mengerjakan batik tulis. beberpa pekerja lain nampak mengemasi batik. “Ini pesanan seragam..” Kata Fatikhun sambil menunjuk kain-kain batik yang dikemasi./jb

Kategori: Berita

Comments are closed.

Tautan

  • Website Pemerintah Kota Salatiga
  • Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
  • Universitas Kristen Satya Wacana